Selasa, 12 Februari 2019

TUGAS APSI C (TUGAS 1)

CHRISTINE AMELIA
05111740000174
APSI C

Sociolla

Sociolla merupakan sebuah platform beauty e-commerce yang menyediakan layanan jual beli produk-produk kecantikan. Sociolla sendiri telah berdiri sejak Maret 2015 di Indonesia. Sociolla memberikan layanan dan menjalankan bisnisnya berdasarkan kepercayaan dari konsumen, brand/partners, layanan premium dan konsistensi dalam mengkomunikasikan brand identitas. Saat ini Sociolla sendiri baru menyediakan layanannya di Indonesia saja.




Klasifikasi Fitur Aplikasi
  • Teknologi End User : Website dan Aplikasi Smartphone Android dan IOS (soon)
  • Teknologi Database : Cloud Computing, Smartphone Storage
  • Payment : Bank Transfer, Credit/Debit Card, OVO, GoPay, Gift Card, Kredivo, Cash on Delivery, T-Cash, VOSPay
  • Customer Service : Social Media, Email, Call Center

Diagram Sistem Informasi Secara Umum


  •  Transaction Processing Systems (TPS)
Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi dapat berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Data yang dihasilkan TPS dapat dilihat dan digunakan oleh manager. input pada level ini adalah transaksi dan kejadian. Proses sistem ini meliputi pengurutan data, melihat data, dan memperbaharui data. Sedangkan outputnya merupakan laporan yang detail, daftar lengkap dan ringkasan. Contohnya:


  • Management Information Systems (MIS)
Management Information Systems (MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusiadokumenteknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusansistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Pada Sociolla, MIS berupa laporan data grafik penjualan dan pembelian serta kepuasan konsumen yang berguna untuk melihat konsumsi produk yang sedang dibutuhkan maupun sebaliknya. Selain itu juga digunakan untuk melihat kebutuhan lain yang diminta konsumen, serta menampung kritik dan saran melalui kontak yang disediakan pada website Sociolla.

  • Decision Support Systems (DSS)
DSS hampir sama dengan MIS karena sama-sama menggunakan basis data sebagai sumber data. Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer Sociolla sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, menambah atau mengurangi produk, serta pengembangan layanan.

  • Executive Information Systems (EIS)
EIS adalah sistem terkomputerisasi yang menyediakan akses bagi eksekutif secara mudah ke informasi internal dan eksterrnal yang relevan dengan faktor penentu keberhasilan. Sistem ini berguna untuk menentukan penaikan saham dan peningkatan keseluruhan perusahaan dengan 
mengacu pada data yang ada. Pada Sociolla, EIS menerima data dari DSS sebagai pemutus tertinggi 
perusahaan meliputi penetapan pekerja, mengesahkan proyek baru, serta kontrak dengan relasi lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MPPL 2020 - Manajemen Biaya

Christine Amelia / 05111740000174 Nandha Himawan / 05111740000180 Berikut merupakan manajemen biaya yang telah kami buat berdasarkan KAK ...